Inilah Tips Agar Tidak Jadi Kiper Cadangan Abadi

Inilah Tips Agar Tidak Jadi Kiper Cadangan Abadi

Posisi kiper sedikit berbeda dengan para pemain lain di lapangan. Meski tidak terlalu sering menguasai bola, kiper bisa menjadi penentu hasil akhir pertandingan.

Seorang kiper tidak hanya dituntut memiliki kemampuan menjaga gawang mumpuni, tetapi juga mental yang kuat. Sekalipun sudah membuat kesalahan di dalam pertandingan, mereka harus bisa tetap fokus.

Oleh karena itu, pelatih tidak bisa asal dalam menentukan kiper utama. Setidaknya ada lima pertimbangan seorang pelatih kiper dalam menentukan kiper utama, yaitu pengalaman bertanding, kondisi fisik, kondisi mental, teknik, dan kemampuan memahami taktik tim.

Aulia Rahman, mantan pelatih kiper Bintang Timur Surabaya, punya sedikit tips untuk para kiper cadangan yang ingin menembus tim utama. Dia menilai para kiper debutan cenderung terlalu bersemangat, dan hal tersebut justru jadi bumerang.

“Mental harus lebih disiapkan [oleh kiper cadangan]. Biasanya kiper terlalu menggebu-gebu, karena punya keinginan tampil lebih baik,” ujar pria yang juga pernah jadi pelatih kiper Biangbola tersebut. “Itu yang terkadang jadi bumerang, karena kondisi seperti itu biasanya justru bikin tertekan, dan kurang enjoy dalam bermain,”

Hal lain yang menurut Aulia harus diperhatikan adalah kesiapan kondisi badan. Meskipun berada di bangku cadangan, seorang kiper harus bisa memastikan dirinya selalu siap. Apalagi, peraturan juga memperbolehkan satu orang kiper untuk selalu berada di area pemanasan.

“Futsal berbeda dengan sepakbola, karena kemungkinan untuk rotasi penjaga gawang lebih besar. Jadi, saran saya selain kerja keras dan fokus dalam berlatih, buatlah kondisi badan selalu siap untuk bermain kapan pun dibutuhkan,”

“Kesempatan biasanya datang tanpa diduga. Jadi kalo badan si kiper siap, otomatis dia akan siap juga untuk tampil bagus di lapangan. Jangan sekali-sekali berpikir dia hanya penjaga gawang pelapis, dan tidak akan dimainkan. Terkadang itu yang buat dia tidak siap saat diturunkan,” pungkas pria asal Cirebon tersebut.

Jadi, apakah kalian sudah siap untuk menggeser posisi kiper utama?

Lost Password