Cerita Timnas Futsal Malaysia di Piala Dunia Futsal 1996

Cerita Timnas Futsal Malaysia di Piala Dunia Futsal 1996

Mungkin banyak yang tidak tahu kalau Malaysia pernah tampil di FIFA Piala Dunia Futsal 1996, Spanyol.

Saat itu, tim futsal Malaysia hanya bermateri pemain sepak bola yang dikomandoi oleh kapten Zainal Abidin Hassan.

Dulu, futsal masih sangat asing bagi Malaysia. Rumitnya, saat itu Malaysia tidak memiliki liga atau klub futsal hingga pelatih kepala saat itu, Victor Hermans, memilih pemain dengan seadanya untuk timya tampil di Piala Dunia 1996, di Spanyol.

Vic waktu itu tidak sendirian, Irfan Bakti Abu Salim menjadi pendamping atau sebagai asisten sang pelatih berdarah Belanda itu.

Proses Timnas Futsal Malaysia Lolos Piala Dunia 1996

Meski begitu, tim berjuluk Harimau Malaya itu masih bisa lolos ke Piala Dunia Futsal FIFA 1996. Itu setelah berhasil lolos ke babak kualifikasi zona Asia Tenggara dengan mengalahkan Filipina (13-3) dan hasil imbang (7-7) melawan Brunei.

Hasil itu sudah cukup untuk meloloskan mereka ke Spanyol sekaligus mendampingi China dan Iran sebagai wakil Asia di turnamen futsal bergengsi tersebut.

Pengalaman Berarti di Segovia

Setelah berlatih selama 10 hari di Belanda, pasukan Vic Hermans memulai misi yang mustahil di Spanyol melawan Italia di laga pembuka.

Azman Adnan sukses mengejutkan Italia pada menit ke-4 namun keunggulannya satu gol itu terhapus 6 menit kemudian.

Sampai Italia terus membombardir gawang Malaysia dengan 10 gol hingga pertandingan berakhir, Malaysia kalah 1-10 di laga perdananya.

Di pertandingan kedua, Uruguay menjadi lawan selanjutnya. Lagi-lagi, Azman Adnan sukses mencetak gol namun keunggulan itu tidak bertahan lama ketika beberapa detik kemudian Uruguay kembali menyamakan kedudukan.

Malaysia pun tertinggal 1-3 di babak pertama dan Uruguay hanya menambah satu gol di babak kedua. Skor akhir 1-4 membuat negara wakil Asia itu menelan kekalahan keduanya.

Kemudian pada laga pamungkas Malaysia bersua dengan Amerika Serikat (AS). AS pun menang mudah dengan skor telak 10-2.

Meski tanpa satupun kemenangan yang diperoleh timnas futsal Malaysia, para pemain mendapatkan pelajaran yang berharga. Selain itu, para pemain Malaysia yang tampil kala itu adalah para pemain sepak bola tidak seperti peserta negara lain yang rata-rata asli dari pemain futsal.

Sumber : semuanyabola.com

Suka nulis apa aja. Tulis langsung yang ada di kepalamu..

Lost Password